Kuliah Tamu Fungsi Bisnis "Radar Malang"

Fungsi Bisnis "Radar Malang"

Oleh : Kurniawan Muhammad


Hay guys..ketemu lagi dengan saya Fifi Andriani,saya mau sharing nih tentang Seminar Business Practice 4 pada tanggal 18 Mei 2017 hari ini. Kali ini seminar BP4 membahas tentang Fungsi Bisnis "Radar Malang".

Radar Malang adalah sebuah surat kabar harian yang terbit di Malang Indonesia. Surat kabar ini termasuk dalam grup Jawa Pos. Kantor pusatnya terletak di Kota Malang. Koran ini pertama kali terbit tahun 1999.

Bisnis Koran

·         Khas
Bisnis koran adalah khas karena satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang, sisi lain produknya bisa dianggap sebagai jasa, jam kerja yang khas (devisi redaksi).

·         Punya dua sisi yang secara “ideology” berbeda
a.       Idealis = news (kepentingan dan keinginan public)
b.       Bisnis = iklan (kepentingan dan keinginan klien)

Dua kepentingan ini harus bisa “kawin” porsi untuk kepentingan idealis harus lebih besar dari porsi untuk kepentingan bisnis. Kepentingan bisnis harus ada karena koran adalah media industry, dan termasuk dalam entitas bisnis.

Tantangan bisnis koran

1)        Gempuran online, media social dan media elektronik
2)      Life style yang berubah (orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis, mempengaruhi pola orang memasang iklan)
3)      Perubahan demografis (angka usia muda trennya selalu meningkat, sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda)

Yang Radar Malang lakukan untuk tetap diminati :

1.         Strategi konten
Pola pemberitaan lebih indepth, investigative, blow up

2.       Membuat online berbasis print (edisi cetak)
Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak. Membuat batasan berita online dan berita cetak. Maksudnya berita di online belum tentu ada di edisi cetak dan berita di edisi cetak belum tentu ada di edisi online.

3.       Strategi dekat dengan pembaca/masyarakat
Berita harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat. Filosofi part of the show yaitu menciptakan berita yang berbeda. Dengan berita yang berbeda itu, memunculkan kesan “hanya Radar Malang yang mampu melakukan”. Filosofi ini penting untuk menimbulkan kesan mendalam di kalangan pembaca atau masyarakat. Misalnya saja Radar Malang mempertemukan tiga Kepala Daerah (Bupati Malang, Walikota Malang, Walikota Batu), Professor dan Pengusaha mengajar anak SD di daerah pelosok, membangun 3 jembatan dengan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya.

4.       Menggaet minat pembaca muda
Mengenalkan koran kepada generasi Z yang saat ini sudah mempunyai 2.158 member dengan usia muda < 20 tahun. Ini penting untuk regenerasi pembaca.

5.       Menggaet komunitas, keluarga dan perempuan
Setiap jumat Radar Malang menerbitkan konten yang menarik seperti Kuliner, Life Style, Griya, Dan Komunitas.

6.       Harus selalu berada dalam “alam bawah sadar” pembaca/masyarakat
Maka, Brand Radar Malang harus terus menerus tampil ke public. Tampil melalui berita koran saja tidak cukup jadi butuh off print (event). Radar Malang gencar membuat event (one month one event plus event mingguan)

Divisi Radar Malang
1)      Redaksi : membawa misi idealis, Pemimpin Redaksi
2)      Iklan : membawa misi bisnis, Manajer Iklan
3)      Koran, event dan pengembangan bisnis : Manajer
4)      Keuangan
5)      HRD dan Umum

Foto Hasil Seminar : 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unique activity "HERRY AREMA GALLERY"

Broadway Barbershop Malang

Wisata Edukasi TSI (Taman Safari 2 Prigen)